Kumpulan Informasi dan Berbagi Pengalaman Tentang Olahraga Catur dan Hobi Lainnya

Wednesday 19 December 2018

6 MANFAAT CATUR : Salah Satu nya dapat meningkatkan IQ diatas Albert Einsten ?

Assalamualaikum wr wb
Salam sejahtera bagi kita semua.
Pada kesempatan hari ini saya ingin berbagi informasi kepada para Sahabat Insan Catur Indonesia mengenai Manfaat Catur yang sangat berguna bagi diri kita, terutama bagi anak-anak atau remaja yang sedang dalam proses "membentuk kecerdasannya". Ada penelitian yang menyatakan bahwa ketika seorang anak bermain catur, maka secara tidak langsung ia juga sedang melatih otak kanan dan kiri secara bersamaan.

Benarkah demikian??? .oleh karena itu untuk menjawab rasa penasaran para Sahabat Insan Catur Indonesia, Mari Kita simak ulasannya dibawah ini.


Ketika kita bermain catur, secara tidak langsung kita juga sedang melatih otak kanan dan otak kiri. Dikutip dari laman doktersehat.com, otak kiri berfungsi dalam hal yang berhubungan dengan ingatan, logika, matematika, hitungan, dan analisis. Seperti kita ketahui bahwa ketika bermain catur, kita dipacu terus untuk mengingat dan menganalisis setiap langkah-langkah untuk mengambil keputusan yang tepat. Serta kita juga harus menghitung setiap untung atau rugi ketika mengambil keputusan yang bersifat krusial.
Secara bersamaan otak kanan yang berfungsi dalam hal kreativitas, imajinasi, dan intuisi pun dipacu untuk terus bekerja ketika kita bermain catur. Karena ketika bermain catur, kita harus memiliki kreativitas dalam menentukan langkah-langkah yang dapat menyulitkan lawan, biasanya pecatur profesional membuat langkah variasi untuk membongkar pertahanan atau meningkatkan intensitas penyerangan. Membuat langkah-langkah variasi diperlukan daya imajinasi yang cukup kuat, semakin kuat imajinasi nya maka semakin banyak juga langkah-langkah variasi yang dibuat. dan perlu diketahui meng-imajinasi-kan langkah variasi itu memperlukan waktu yang cukup lama, sementara dalam turnamen catur biasanya setiap pemain diberikan batasan waktu tertentu, sehingga ketika waktu kita sudah tinggal beberapa menit lagi, maka akan sulit menggunakan logika kita untuk berfikir dalam waktu yang singkat. Jadi kita juga harus memiliki intuisi untuk mengambil keputusan dalam hal melangkahkan bidak catur kita. Jadi bermain catur bisa dikatakan ajang melatih otak kanan dan otak kiri kita secara bersamaan. Namun catur tidak hanya bermanfaat untuk itu saja, ada sekitar 6 manfaat catur.

6 Manfaat Catur


1. Catur Bermanfaat Meningkatkan IQ


Mau jadi orang yang Cerdas? Silahkan coba bermain catur. Karena bermain catur dapat meningkatkan IQ anda. Ada Sebuah penelitian di Venezuela terhadap 4 ribu siswa yang diajak untuk mempelajari catur dan bermain catur selama 4 bulan, setelah mempelajari dan bermain catur, anak-anak tersebut mendapatkan kenaikan IQ secara signifikan.
Penelitian ini pun seakan-akan terbukti, dengan ada nya pemain catur yang mempunyai IQ tertinggi di Dunia, bahkan lebih tinggi dari Albert Einsten. Pecatur tersebut yaitu Judit Polgar, dia memiliki IQ 170, sementata Albert Einsten memiliki IQ sekitar 160 (dikutip dari tribunnews). Artinya Judit Polgar memiliki IQ diatas Albert Einsten seorang Fisikawan yang terkenal dengan teori relativitas nya.


2. Catur Bermanfaat Meningkatkan SQ


Spiritual Question (SQ) merupakan kecerdasan jiwa yang berperan dalam menumbuhkan spirit mental atau motivasi dalam diri seseorang. Ada sebuah penelitian dari Dr. Stefurak seorang neuropsikologi kognitif menyatakan bahwa catur dapat menstimulus pikiran dan emosi untuk menyusun susunan mental yang membuat timbulnya motivasi diri untuk pengembangan diri meraih prestasi belajar di sekolah dan dalam kehidupan sehari-hari.




3. Belajar Memecahkan Masalah


Catur hanya terdiri dari 64 petak dan hanya ada 32 buah catur yang dimainkan dalam satu papan, tetapi ada ribuan masalah dipermainan catur dengan kondisi yang berbeda. Seseorang yang sedang bermain catur tentunya akan berfikir bagaimana membuat pertahanan ketika datang ancaman dan berfikir bagaimana membuat serangan agresif ketika mendapatkan peluang. Semua masalah/kendala tersebut harus dipecahkan jika kita ingin meraih kemenangan.


4. Melatih Daya Konsentrasi


Konsentrasi sangat diperlukan ketika sedang bermain catur. Karena peluang dan ancaman bisa datang sewaktu-waktu jika kita tidak konsentrasi dan fokus pada papan catur. Seorang pecatur yang mempunyai daya konsentrasi sangat tinggi tidak akan menyadari ada teman yang sedang terjatuh disebelahnya karena ia sedang ber-konsentrasi secara penuh ketika bermain catur. Jadi bermain catur pun dapat meningkatkan konsentrasi anda.

5. Melatih Kesabaran


Bermain Catur diperlukan kesabaran yang sangat ekstra. Kesabaran diperlukan ketika kita Menentukan langkah dengan hati-hati, menganalisis ancaman atau peluang yang datang, dan menghadapi lawan yang mencoba menjatuhkan mental kita dengan cara "say war".
Kesabaran itu memang tidak ada batas nya, yang membatasi itu diri kita sendiri. Jadi jangan batasi kesabaran kita, tetapi cobalah melatih kesabaran tanpa batas, salah satunnya dengan cara bermain catur.


6. Berprestasi Di Usia Muda


Manfaat Catur yang terakhir adalah kita dapat berprestasi diusia yang sangat muda jika kita menekuni Olahraga Catur ini. Bagi kalian anak muda yang ingin berprestasi, Catur membuka Peluang sebesar-besarnya untuk meraih prestasi di tingkat Daerah, Nasional, dan bahkan Internasional. Kebanyakan Pecatur berprestasi di Usia yang sangat muda. Bahkan Magnus Carlsen Seorang Juara Dunia Catur pun usia nya masih 28 tahun.
Jadi bagi kalian anak muda jangan habiskan waktu mu dengan hal-hal yang tidak bermanfaat, lebih baik kalian bermain catur yang mempunyai banyak manfaat.

Demikian Informasi Manfaat Catur yang saya berikan. Kurang lebih nya saya mohon maaf apabila ada kesalahan kata atau ada kata-kata yang kurang berkenan di hati pembaca.

Catur Yes ! Indonesia Jaya !


GENS UNA SUMUS


1 comment:

Powered by Blogger.