Kumpulan Informasi dan Berbagi Pengalaman Tentang Olahraga Catur dan Hobi Lainnya

Friday 13 March 2020

Persiapan dan Perawatan ikan guppy yang baru dibeli secara online atau langsung beli di toko ikan hias

Ikan guppy merupakan ikan hias air tawar yang sedang populer saat ini karena keindahan nya. Bagi sebagian orang memandang keindahan ikan hias dapat menghilangkan rasa penat setelah beraktivitas seharian, atau untuk beberapa insan catur yang ingin refresh dari kesibukan dunia percaturan, ikan hias bisa juga sebagai pelepas penat, terutama ikan hias guppy yang saya akan bahas di artikel ini. Selain itu karena bentuk ikan guppy yang kecil membuat kamu tidak memerlukan tempat yang besar untuk merawat nya.

Bagi kalian yang ingin memiliki ikan guppy, kalian dapat membeli nya di toko ikan atau bisa juga melalui online shop. Disana dapat kalian temukan berbagai jenis ikan guppy dan harga nya pun relatif bersahabat berkisar 10 ribu hingga 150 ribu per ekor.

Bagi kamu yang tertarik dengan ikan guppy dan ingin merawatnya di rumah sebaiknya kamu persiapkan dulu hal-hal berikut ini.
Persiapan :

1. Pilih kualitas ikan guppy yang sehat. Kamu dapat mengetahui ikan guppy itu sehat diantara nya dengan memperhatikan ;


  • Fisik atau ukuran badan & nafsu makannya, pastikan ikan guppy memiliki ukuran badan yang normal dan ketika diberi makan, ikan tersebut mau memakan nya.

  • kelincahan / agresif ketika berenang. Ikan guppy yang sehat akan berenang dengan lincah dan tidak banyak diam di dasar aquarium. Jika ikan guppy terlalu sering diam di dasar aquarium, maka kemungkinan besar ikan guppy itu sedang sakit.

  • Warna yang tajam atau cerah, pilihlah ikan guppy yang memiliki warna yang tajam. selain enak di pandang, ikan guppy yang memiliki warna yang tajam pun dapat menandakan kualitas dari ikan guppy tersebut. Tetapi sebaliknya jika ikan guppy terlihat sangat pucat warna nya, kemungkinan ikan guppy tersebut sedang sakit atau kualitasnya yang tidak terlalu bagus.


2. Persiapkan Wadah / tempat merawat ikan guppy dirumah kamu beserta perlengkapannya. Untuk media tempat ikan guppy ini sendiri kamu bisa menggunakan Aquarium, ember / drum bekas, dan wadah lainnya yang dapat digunakan untuk ikan guppy. Usahakan untuk media wadahnya tidak terbuat dari logam atau besi, karena katanya media wadah dari bahan logam dan besi itu kurang baik untuk ikan guppy. Perlengkapain yang dapat kamu siapkan adalah aerator aerasi agar dapat menjaga oksigen didalam air secara tidak langsung.

3. Gunakan Air Endapan untuk mengisi media wadah atau Aquarium yang digunakan. Kualitas air yang digunakan pun harus kamu perhatikan dan persiapkan. Selama ini kami menggunakan air sumur atau air hujan yang di endapkan, dengan air endapan ini diharapkan dapat mendapatkan air yang berkualitas.

4. Jangan terlalu cepat membuka bungkus ikan guppy yang baru kamu beli di toko online atau langsung di toko ikan. Bungkus yang biasa digunakan ketika membeli ikan guppy adalah plastik. Bungkus plastik yang berisi ikan tersebut dimasukan kedalam Aquarium yang berisi air endapan. Lalu diamkan hingga 15 menit, manfaatnya agar ikan dapat beradaptasi dengan air baru sehingga ikan tidak kaget/stress dengan lingkungan baru nya.

5. Setelah ikan beradaptasi di air yang baru, buka plastik ikan secara perlahan dan biarkan guppy keluar dari plastik dengan sendiri kedalam Aquarium.

6. Jangan diberi makan dulu selama 12 sampai 24 jam setelah ikan masuk didalam Aquarium.

www.msatibi94.blogspot.com
Ikan Guppy Cobra



Jika kamu sudah mempersiapkan 5 poin diatas, maka selanjutnya yang harus kamu perhatikan ialah perawatan nya :

1. Memberi makan ikan hias guppy secara teratur. Pilihlah pakan ikan guppy yang bergizi seperti kutu air, cacing sutra, artemia, atau pelet NRD. Beri pakan ikan yang bervariasi, contohnya jika kamu hari ini menggunakan cacing sutra untuk memberi makan, maka hari selanjutnya kamu memberi makan dengan kutu air.
Selanjutnya beri makan ikan secara teratur. Idealnya pakan ikan diberikan setiap 3 kali sehari yaitu pagi, sore, dan malam.

2. Pembersihan kotoran ikan setiap hari. Ikan yang selalu diberi makan secara teratur, akan menghasilkan banyak kotoran. Agar kotoran ikan tidak terlalu menumpuk, sebaiknya bersihkan kotoran ikan yang terdapat didasar air dengan menggunakan selang kecil (selang aerator) secara perlahan.

3. Ganti air dengan air endapan baru. Kamu bisa membersihkan atau menguras air selama 3 hari atau seminggu sekali agar pH dalam air tetap normal yaitu sekitar 6,8 dengan suhu air sekitar 25 derajat celcius. Usahakan ketika menguras air, jangan sampai habis, sisakan sepertiga air lalu masukan air endapan baru kedalam aquarium secara perlahan.

4. Daun ketapang untuk perawatan ikan guppy. Air rendaman daun ketapang dapat membantu membasmi jamur dan menyerap racun pada air. Selain itu juga air rendaman daun ketapang dipercaya dapat memekat kan warna atau memcerahkan warna pada ikan guppy.

Cukup sekian artikel mengenai persiapan dan perawatan ikan guppy yang baru dibeli. Jika sahabat ada pertanyaan atau pengalaman lain mengenai ikan guppy, silahkan tinggal komen dibawah ini ya.

3 comments:

  1. Hobi yang bisa dilakukan #dirumahaja

    ReplyDelete
  2. Ajibi - https://m.tokopedia.com/feedcommunicationdetail/90396375

    ReplyDelete
  3. Beli Ikan Hias Guppy Albino Full Red
    https://tokopedia.link/tzcXSA5mQ6 di toko Ajibi Rp25.000 di Tokopedia dengan Bebas Ongkir, Sekarang! Dapatkan cashback 50% hingga 30Rb untuk pembelian pertama kamu dengan kode: TPMUHGG7TZ. Belanja? Tokopedia Saja!

    ReplyDelete

Powered by Blogger.