Kumpulan Informasi dan Berbagi Pengalaman Tentang Olahraga Catur dan Hobi Lainnya

Friday 22 November 2019

Jam Catur Digunakan Untuk Menghentikan Waktu Setelah Berfikir

Berfikir ketika bermain catur merupakan hal yang biasa, namun akan menjadi tidak biasa jika berfikir tanpa ada batasan waktu yang jelas, karena keputusan melangkahkan bidak harus di-eksekusi walaupun dalam situasi yang sulit atau serba salah. Waktu fikir diberikan kepada setiap masing-masing pemain sesuai aturan main yang berlaku. Setiap pemain catur terkadang memiliki cara nya tersediri untuk me-manajemen waktu fikir nya, ada yang berfikir panjang saat situasi kritis saja atau saat hendak melakukan langkah kombinasi (suatu langkah pengorbanan yang biasanya memiliki tujuan utama yang mematikan). Dan adapula yang bermain "tanpa berfikir" atau sering sekali disebut asal dorong, hal seperti ini tidak boleh ditiru. Karena prinsip dasar nya, Berfikir dulu sebelum melangkah, Jangan Melangkah dulu Baru Berfikir.

Prinsip Dasar itu yang dipahami oleh banyak pecatur, sehingga terkadang ada saja pemain catur yang berfikir tanpa ingat waktu. Bermain catur tanpa batasan waktu yang jelas juga akan membuat kita lelah dan tentunya menghabiskan waktu secara percuma dan biasanya pemain catur yang berhati-hati dalam melangkahkan bidak catur nya akan berfikir jauh lebih lama.

Jam Catur merupakan solusi bagi para pecatur yang sering lupa waktu ketika permainan sedang seru dan menegangkan. Dengan begitu satu partai (game) catur bisa diselesaikan dengan lebih cepat, tanpa harus menunggu berhari-hari untuk menyelesaikan satu partai 😅

BENTUK JAM CATUR




CARA MENGGUNAKAN JAM CATUR SAAT TURNAMEN / LATIHAN


Pertama kita tentukan dulu waktu yang akan digunakan untuk bermain catur, selama 5 menit, 10 menit, 25 menit, dll. Jika sudah ditentukan misalnya masing-masing pemain menentukan waktu berfikir nya 5 menit. Maka jam di kedua sisi harus sama 5 menit, kecuali salah satu pemain ingin di poor waktu.

Kedua, setelah waktu ditentukan. Maka tekan tombol "start" ▶ atau tombol "play" pada jam digital dan lakukan langkah pertama lalu tekan jam. Namun jika menggunakan jam manual, langsung saja tekan tombol jam catur pada langkah pertama.

Ketiga, setelah langkah pertama dilakukan dan jam sudah ditekan, maka waktu pemain yang sudah melangkahkan bidak nya akan berhenti dan sebaliknya waktu pemain lawan akan berkurang. Namun Ketika lawan sudah melangkah dan menekan jam catur nya, maka sebaliknya waktu lawan tersebut akan terhenti.

Jadi Alur sederhana nya akan menjadi seperti ini : 
1. Anda Melangkahkan Buah Catur
2. Setelah itu, Anda Menekan Jam Catur nya (Waktu anda akan berhenti dan waktu lawan akan berkurang). 
Lalu lawan anda akan melakukan hal yang sama setelah berfikir, melangkahkan buah catur, dan menekan jam catur.

KATEGORI TURNAMEN CATUR BERDASARKAN WAKTU BERFIKIR


  • 2 s.d. 5 Menit waktu berfikir yang tersedia untuk masing-masing pemain merupakan kategori catur kilat. pada saat ini biasanya setiap langkah ada penambahan waktu (increament) sebanyak 2 detik.
  • 15 s.d. 25 menit waktu berfikir yang tersedia untuk masing-masing pemain merupakan kategori catur cepat. Jika ada penambahan waktu pada setiap langkahnya (increament) maka berkisar 10 detik untuk setiap langkahnya.
  • 1 jam s.d. 2 jam waktu berfikir yang tersedia untuk masing-masing pemain merupakan kategori catur standard/klasik. Biasanya increament yang digunakan sebanyak 30 detik untuk setiap langkahnya. Khusus pada kategori turnamen ini seorang pecatur dapat meraih gelar catur yang sesungguhnya jika mencapai juara atau poin tertentu pada level turnamen tertentu.

Jika Waktu Berfikir Yang Disediakan Habis

Pada umumnya setiap pemain catur yang kehabisan waktu berfikir nya, maka pemain tersebut akan dinyatakan kalah. Meskipun pemain tersebut menguasai permainan dan bahkan unggul secara materi buah catur, pemain tersebut tetap dinyatakan kalah apabila waktu nya sudah habis.

Sahabat harus pahami juga aturan pertandingan tentang jam catur, salah satu aturan yang wajib diketahui ialah melakukan klaim ke wasit jika waktu berfikir lawan anda habis. Jadi dengan begitu sahabat akan meraih kemenangan.

Sahabat yang lupa melakukan klaim atau tidak menyadari waktu berfikir lawan habis, maka permainan akan tetap dilanjutkan seperti biasa dan biasanya wasit pun akan membiarkan pertandingan berlangsung (pasif) apabila tidak ada klaim waktu habis dari salah satu pemain.

Lalu jika sahabat masih belum menyadari lawan kehabisan waktu hingga waktu berfikir sahabat juga habis yang artinya kedua pemain sama-sama kehabisan waktu, maka pertandingan akan dinyatakan remis/draw.

Perlu kami ingatkan kembali bahwa aturan mengenai jam catur ini bisa berbeda-beda disetiap turnamen catur, misalnya wasit bertindak pasif yang membiarkan permainan berlangsung karena tidak ada klaim dari pemain atau wasit bertindak aktif yang akan langsung menyatakan kekalahan bagi setiap pemain yang waktu fikir nya habis (tanpa perlu ada klaim dari salah satu pemain).

Aturan mengenai jam catur dan aturan lainnya yang mengatur jalan nya pertandingan akan ditentukan pada acara technical meeting sebelum pertandingan dimulai, oleh karena itu sahabat perlu mengikuti Technical meeting ini untuk mengetahui aturan mana yang akan digunakan.

Sebagai catatan tambahan, apabila sahabat bertindak sebagai penonton dan melihat ada salah satu pemain catur yang kehabisan waktu berfikir serta lawan nya tidak menyadari hal tersebut, maka sebaiknya sahabat diam saja dan jangan sekali-kali anda berusaha untuk memberi tahu nya. Karena itu akan menjadi masalah yang rumit dan bisa tambah rumit apabila itu pertandingan penentu antara kedua pemain.

PERKEMBANGAN JAM CATUR


Pada tahun 2004 awal karir catur saya di mulai, jam catur yang digunakan masih menggunakan jam catur manual (analog), pecatur yang mempunyai jam catur pun sangat jarang karena dulu harga nya yang cukup mahal dan tidak mudah juga untuk mencari jam catur tersebut. ( belum ada olshop pada saat itu ) 😁. namun sekarang sudah banyak online shop yang menjual jam catur digital, bukan hanya jam catur manual.

JAM CATUR MANUAL (ANALOG)

Jam catur manual sendiri sekarang sudah sulit ditemukan dipasaran atau bisa dibilang langka, karena sudah jarang digunakan oleh para pecatur. kebanyakan pecatur sudah menggunakan jam catur digital yang memiliki mode increament dan lebih presisi, sehingga sangat sedikit sekali terjadi drama perselisihan jam catur yang lebih cepat berkurangnya disalah satu sisi karena setingan jam catur atau besaran bendera jam catur didekat angka jam 12 yang berbeda disalah satu sisinya.

Sumber foto : Bukalapak.com



Jam catur manual yang terlihat jadul memang sudah jarang sekali digunakan karena kekuranganya atau aturan turnamen catur yang mewajibkan pesertanya menggunakan jam catur digital, namun dibalik itu terdapat kelebihan ketika menggunakan jam catur manual. salah satunya ialah kebanyakan jam catur manual tidak menggunakan batrai dan bentuk jam catur yang kokoh, sehingga jam ini biasanya mempunyai usia yang panjang dibandingkan jam catur digital.

JAM CATUR DIGITAL

Zaman sudah banyak berubah, begitu pun jam catur. dulu jam catur digital ini sangat langka karena harganya yang sangat mahal dan sulit ditemukan oleh kalangan pecatur. namun sekarang jam catur digital ini sudah banyak ditemukan dengan harga yang terjangkau. ada beberapa merk jam catur digital yang cukup kokoh untuk digunakan yaitu jam digital DGT, jam digital DGT ini cukup mahal tetapi jika melihat dari kualitasnya, harga jam DGT ini sesuai dengan kualitasnya. ada juga merk LEAF, merk jam catur digital ini yang harganya cukup terjangkau dengan kulitas yang lumayan bagus.


Sumber foto : fjb.kaskus.co.id


Demikian pengalaman singkat saya tentang Jam Catur.
Bagaimana dengan pengalaman anda ?
Apakah Sudah punya jam catur ?
silahkan komen dibawah ini yaaa...

Semoga Bermanfaat...

GENS UNA SUMUS

Share:

1 comment:

msatibi94.blogspot.com

Powered by Blogger.

Cari