Kumpulan Informasi dan Berbagi Pengalaman Tentang Olahraga Catur dan Hobi Lainnya

Tuesday 9 October 2018

STRATEGI DAN PRINSIP PEMBUKAAN DALAM CATUR

PRINSIP DASAR OPENING (PEMBUKAAN) CATUR

Olahraga catur merupakan olahraga yang bisa dimainkan oleh semua orang dan semua kalangan. Mulai dari anak usia 5 tahun hingga orang tua berusia 80 tahun ke atas bisa memainkan nya dan bahkan bisa berprestasi di olahraga catur. Kita juga bisa menemukan olahraga catur dimainkan di tempat-tempat mewah seperti hotel berbintang sampai lapak-lapak lusuh di pinggir jalan.

Olahraga catur yang bisa dimainkan oleh semua kalangan, bukan berarti catur mudah dimainkan. Banyak sekali teori-teori dan prinsip dasar catur yang harus dipahami untuk menjadi pemain yang handal. Namun, meskipun banyak teori dan prinsip dasar catur yang harus dipahami. Bukan berarti itu menjadi kendala bagi kalian yang ingin betul-betul terjun di dunia catur. Justru dengan banyak nya teori dan prinsip-prinsip catur, kalian seharusnya tertantang untuk memahami nya agar bisa menjadi juara dan pemain yang handal. Teori dalam Catur pada dasar nya dapat di bagi menjadi beberapa Fase disetiap permainan. Berikut masing-masing tahapan nya yaitu;

  1. Fase Permainan Awal atau biasa disebut Pembukaan/Opening. Biasanya mulai dari langkah ke-1 hingga langkah ke-13 teori ini digunakan tergantung model dari pertahanan nya. Teori pembukaan ini banyak sekali varian dan bentuk bangunan yang berbeda. Oleh karena itu, saya sarankan bagi pemula sebaiknya belajar catur jangan mulai dari belajar pembukaan/opening. Anda harus belajar memahami bentuk bangunan dulu baru belajar opening/pembukaan.

  2. Fase Permainan Tengah atau biasa disebut Midlle Game. Pada fase ini, biasanya seseorang pemain sudah 'lepas' dari openingnya. Artinya kalau misalnya opening ditandai dengan langkah ke-1 hingga langkah ke-13, Maka Middle Game terjadi pada langkah ke-14 dan seterusnya. Di fase permainan tengah ini sedikit sekali literatur yang membahas mengenai teori permainan tengah. Karena sebetulnya disini lah seorang pemain menggunakan analisa, imajinasi, ide-ide menarik dan taktik nya sendiri untuk menguasai permainan. Oleh karena itu bagi anda yang baru akan terjun di dunia catur dan ingin menjadi pemain yang handal, sebaiknya anda belajar di fase Permainan tengah (middle game). Lalu bagaimana cara belajar nya?. Cara belajar nya anda bisa banyak bermain catur dengan teman anda yang kualitas bermain catur nya di atas anda agar analisa dan pemahaman bentuk bangunan dapat terasah, dan anda harus lebih banyak mengevaluasi kekalahan anda dengan lawan atau pelatih anda. Dan terakhir anda bisa bisa belajar menyelesaikan soal-soal Kuis Catur.

  3. Fase Permainan Akhir atau biasa disebut Endgame. Sesuai dengan nama nya, fase ini ditandai dengan akan berakhir nya permainan. Cukup banyak literatur yang membahas mengenai prinsip dasar permainan akhir ini. Pada kesempatan berikutnya mungkin akan saya share prinsip dasar permainan akhir ini. 

STRATEGI DAN PRINSIP PEMBUKAAN DALAM CATUR


STRATEGI DAN PRINSIP FASE PEMBUKAAN/OPENING

  • Janganlah melakukan langkah-langkah pembukaan secara otomatis dari buku, tanpa mengerti latar belakangnya.
  • Jangan terlalu banyak melangkah dengan pion-pion tanpa perhitungan untung ruginya, sebab pion yang sudah maju tidak dapat mundur lagi.
  • Pertahankan paling sedikit satu pion di sentrum (petak-petak d4 d5, e4 e5).
  • Perkembangan perwira dengan cepat, harmonis dan sedapat mungkin ke arah atau menguasai petak-petak centrum (petak d dan petak e).
  • Jangan sampai kehilangan tempo dengan melangkah dua kali atau lebih dengan buah catur yang sama sebelum buah-buah catur lain berkembang, kecuali untuk menimbulkan kelemahan-kelemahan di daerah lawan yang dapat dimanfaatkan kemudian.
  • Jangan mengeluarkan Menteri terlalu cepat di awal permainan, karena kita bisa kehilangan tempo jika diancam oleh buah lawan, kecuali mendapat keuntungan yang mutlak.
  • Jangan menukar buah catur yang belum berkembang, sebab dengan demikian kita rugi tempo.
  • Usahakan mendapat keuntungan tempo dari perkembangan buah catru lawan yang salah misalnya:

     1. d4           d5

     2. c4            Kf6?

     3. c x d5     K x d5

    4. e4

dan Putih menang tempo karena Kuda Hitam harus jalan dua kali

Atau :

3. ………. M x d5

4. Kc3

Dan Putih juga menang tempo karena Menterinya Hitam harus jalan dua kali.

  • Berilah tempat yang aman untuk Raja lewat Rokade, biasanya paling baik Rokade pendek tapi harus dipastikan terlebih dahulu apakah sesudah Rokade tidak terdapat titik-titik lemah yang dapat dimanfaatkan oleh lawan.
  • Kuda hendaknya diperkembangkan lebih dahulu sebelum Gajah, mengingat daya kerja Kuda lebih pendek dari pada Gajah, hukum ini diangap kurang meyakinkan oleh teori modern.

Rangkaian Prinsip Dasar di fase pembukaan catur

A. Pengontrolan Centrum (Petak Pusat)

B. Perkembangan Buah-buah Catur yang cepat.

C. Perkembangan Perwira yang tak mudah diusir dan sedapat mungkin mengancam sesuatu.

D. Perkembangan buah catur yang serasi (harmonis)

E. Penguasaan ruang gerak yang seluas mungkin.

F. Susunan / Struktur pion yang kuat.

G. Pengamanan Raja (Rokade)

Pembukaan Catur Yang Bisa Sahabat Gunakan Untuk Menghadapi Lawan

Sahabat yang telah memahami strategi dan prinsip dasar catur diatas, maka sahabat bisa mulai belajar pembukaan catur dan variasi nya. pilih lah pembukaan catur yang sesuai dengan karakter bermain anda. misalnya, jika sahabat memiliki karakter bermain agresif, maka pembukaan catur yang berkarakter agresif akan cocok untuk anda gunakan. jadi fokus lah belajar satu pembukaan yang cocok dengan karakter anda terlebih dahulu.

Berikut ini kami bagikan daftar nama pembukaan catur nya dan sahabat bisa klik nama pembukaan catur tersebut untuk melihat pembahasanya secara lengkap :


Saya juga perlu mengingatkan kepada sahabat bahwa langkah-langkah yang ada di pembahasan pembukaan catur yang akan sahabat pelajari bukan lah langkah baku yang pasti dilangkahkan oleh lawan. jika lawan anda menggunakan langkah lain, maka sahabat harus ber-Improvisasi mencari langkah terbaik lain nya. jadi saya berharap sahabat tidak hanya menghafal langkah-langkah nya saja, tapi memahami maksud dan tujuan dari pilihan langkah yang ada di pembukaan catur.

Selamat Berlatih dan Semoga Bermanfaat.

GENS UNA SUMUS

Share:

4 comments:

  1. artikel yang sangat menarik dan sangat membantu khususnya bagi saya yang masih pemula. ditunggu update terbaru nya mengenai teori catur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke, Terimakasih Telah mengunjungi blog Insan Catur Indonesia.
      Ikutin terus update nya dengan cara subscribe.

      Delete
  2. Bolehkah kuda melangkah pertama dlm pembukaan catur

    ReplyDelete
  3. boleh, ada juga pembukaan yang diawali dengan langkah kuda seperti Reti, Alekhine, dll.

    ReplyDelete

msatibi94.blogspot.com

Powered by Blogger.

Cari