Kumpulan Informasi dan Berbagi Pengalaman Tentang Olahraga Catur dan Hobi Lainnya

Thursday 11 October 2018

Filosofi Catur Dalam Kehidupan


Assalamualaikum wr wb.
Salam sejahtera bagi kita semua. Semoga pada hari ini para sahabat Insan Catur Indonesia diberikan keberkahan dan kesuksesan dalam hidupnya. Amiinn....

Kali ini admin Insan Catur Indonesia ingin berbagi mengenai makna hidup jika kita lihat dari sudut pandang catur. Banyak sekali pelajaran mengenai kehidupan yang bisa kita lihat dari permainan catur. Karena menurut saya catur ini merupakan olahraga yang mempunyai banyak nilai-nilai positiv didalamnya untuk pembelajaran kehidupan. Jadi untuk kalian yang masih bingung nyari kegiatan atau hobi di waktu senggang, silahkan kalian mencoba permainan catur. Selain untuk mengasah otak dan melatih kalkulasi anda. Anda juga akan mendapatkan nilai-nilai positif dari permainan catur ini.

Olahraga Catur ini sendiri sudah dikenal sejak dahulu. Namun awal pertama kali nya catur ditemukan itu masih menjadi perdebatan. Ada yang bilang di India, ada yang bilang di Inggris, dan bahkan ada juga yang bilang catur berasal dari Indonesia. Namun setau saya pada zaman dahulu catur ini hanya dimainkan oleh kalangan tertentu saja, seperti para raja dari berbagai kerajaan dan para bangsawan. Karena konon katanya pada zaman dahulu strategi-strategi catur itu bisa dijadikan strategi dalam berperang. Seiring berkembang nya zaman, catur ini sudah bisa dimainkan oleh siapapun. Bahkan sudah banyak sekolah atau perguruan tinggi menjadikan catur ini sebagai esktrakulikuler, karena bermanfaat untuk melatih daya berfikir.

FILOSOFI CATUR


Pada kesempatan hari ini, saya ingin membahas mengenai nilai-nilai positif apa sih yang bisa di dapat dari catur dan makna kehidupan apa yang bisa kita petik dari catur. Oleh karena itu saya akan menjelaskan nilai-nilai tersebut melalui Filosofi Catur.

Filosofi yang pertama adalah "Meskipun Kecil, Pion Tidak pernah berjalan mundur. Pion selalu melangkah maju untuk mencapai tujuan".


Gambar PION / BIDAK

Dari sifat dan karakter Pion yang selalu melangkah maju. Kita bisa mengambil nilai positif dari pion itu adalah "Pantang Menyerah". Meskipun pion yang paling kecil dan dianggap tidak ada 'harga' nya, namun pion tidak pernah takut untuk terus berjalan maju dan tidak pernah menyerah sampai tercapai tujuan nya. Dan perlu diingat bahwa pion akan bisa menjadi mentri atau perwira tertinggi dalam catur jika tujuan nya sudah tercapai yang berada di petak akhir lawan.

Di dalam kehidupan sehari-hari kita terkadang merasa diri kita kecil atau merasa minder karena melihat teman-teman kita yang lain lebih hebat atau lebih pintar dari kita, sehingga terkadang ketika kita mengalami suatu kegagalan, maka biasanya kita akan berhenti untuk mencoba lagi dan belajar lagi, karena kita melihat teman-teman kita jauh lebih hebat dari kita. Oleh karena itu kita harus belajar dari PION Catur yang selalu berjalan maju tanpa ada rasa takut, minder, atau bahkan menyerah. Pion tidak akan menyerah sampai tujuannya tercapai. Karena PION tau ketika dia mencapai tujuan nya, dia bisa menjadi jauh lebih hebat dari teman-teman nya.


Filosofi yang kedua adalah "Jika Tujuan itu sudah tidak mungkin dicapai, maka jangan ubah tujuan nya. Tetapi ubahlah langkah-langkahnya untuk mencapai tujuan tersebut."

Di dalam permainan catur, hanya ada satu tujuan utama untuk memenangkan pertandingan, yaitu dengan cara 'mematikan' raja lawan. Namun dalam praktek nya, mematikan raja lawan bukanlah hal yang mudah. Banyak kendala-kendala yang membuat kita kesulitan, sehingga kita berfikir tujuan itu tidak mungkin. Oleh karena itu, biasanya para pecatur profesional selalu mengubah langkah-langkah nya untuk mencapai tujuan tersebut.

Nilai positif yang bisa kita ambil dari situ adalah "Inovasi, Kreativitas, dan Inisiatif"
Untuk mencapai tujuan kita harus berfikir inovatif, kreatif, dan inisiatif dalam mengambil keputusan. Kata Om Einsten,  "hanya orang gila yang melakukan hal yang sama dan mengharapkan hasil yang berbeda". Jadi untuk mencapai suatu visi yang dianggap sudah tidak mungkin, maka jangan ubah visi nya. Tapi ubahlah misi nya.


Filosofi yang ketiga (terakhir). "Berfikir dulu sebelum melangkah".
Dalam permainan catur, seorang atlet catur profesional tentu nya akan berfikir terlebih dahulu, baru melangkahkan bidak catur nya. Karena seorang pecatur menganggap setiap langkah itu akan sangat menentukan hasil kedepan nya seperti apa.

Nilai positif yang bisa kita ambil disini ialah "Perencanaan". Seseorang jika ingin meraih kesuksesan, tentu nya harus memiliki rencana dalam hidupnya untuk meraih masa depan. Baik itu rencana jangka pendek, rencana jangka menengah, dan rencana jangka panjang. Karena apa yang dilakukan seseorang saat ini, maka akan menentukan masa depan nya nanti.

Demikian ulasan mengenai Filosofi Catur dan penjelasan nilai-nilai positif yang bisa kita ambil. Terimakasih Atas Perhatian nya. Mohon maaf bila ada salah kata atau ada kata-kata yang kurang berkenan di hati pembaca.


Semoga Bermanfaat...


GENS UNA SUMUS

Share:

2 comments:

msatibi94.blogspot.com

Powered by Blogger.

Cari