Kumpulan Informasi dan Berbagi Pengalaman Tentang Olahraga Catur dan Hobi Lainnya

Wednesday 11 March 2020

Mencegah melakukan langkah Blunder ketika Bermain Catur

Suatu ketika ada turnamen yang sangat bergengsi yang banyak diikuti oleh para insan catur di seluruh Indonesia. Pada saat babak penentuan memperebutkan gelar juara kedua pemain tersebut mempersiapkan seluruh strategi untuk game terakhirnya di turnamen tersebut. Setelah permainan dimulai semua penonton pun mengerumuni meja tersebut karena penasaran dengan bagaimana hasil akhirnya.

Kedua pemain melangkahkan buah nya dengan sangat hati-hati, karena setiap langkah akan menentukan hasil akhir nya. Namun setelah pertandingan berjalan sangat alot hingga menyisakan waktu yang sama-sama kritis, salah satu pemain secara terburu-buru melangkahkan buah nya karena panik dengan waktu yang hanya tersisa beberapa detik saja. Disini pemain tersebut secara tidak sadar melangkahkan langkah yang Blunder. Sontak saja satu kesalahan langkah tersebut dimanfaatkan oleh lawan untuk meraih kemenangan. Game pun diakhiri, kedua pemain saling berjabat tangan sebagai tanda "pertempuran" ini hanya ada di arena papan catur, diluar arena papan catur kita satu keluarga (Gens Una Sumus).

Kalau Ini Namanya Blender, Bukan Blunder 😂😁


Berikut itu adalah sedikit cuplikan suasana turnamen catur yang salah satu pemain nya melakukan langkah blunder. Kita sebagai penonton ataupun sebagai pemain sebaiknya tidak boleh menghakimi pemain yang melakukan blunder sebagai pemain yang tidak bagus dan meremehkan pemain tersebut. Karena langkah blunder bisa terjadi pada siapapun dengan beberapa faktor penyebabnya.

Disini saya ingin membahas faktor penyebab langkah blunder dan cara-cara menghindari langkah blunder. Karena setiap pemain tentu nya tidak ingin melakukan langkah blunder. 
Berikut ini adalah penjelasan nya :

FAKTOR PENYEBAB PEMAIN MELAKUKAN LANGKAH BLUNDER


  • Waktu yang singkat, kebanyakan pemain melakukan langkah blunder disebabkan terburu-buru melangkah karena waktu fikir yang sangat singkat. Pada kondisi ini memang sangat dilema, jika pemain benar-benar menggunakan logical thinking nya untuk kalkulasi langkah maka pemain tersebut akan kehabisan waktu. Namun jika terburu-buru melangkah maka risiko nya pemain tersebut melakukan langkah blunder. Pada pertandingan catur kilat (blitz), kondisi ini sangat sering terjadi.

  • Kurang Fokus, bermain catur harus dituntut untuk tetao fokus ketika pertandingan sedang berlangsung. Meskipun posisi permainan sedang unggul, pemain tersebutnya sebaiknya tetap duduk ditempatnya untuk fokus pada kalkulasi langkahnya (sesekali ke toilet boleh saja kalau memang kebelet 😁). Tapi terkadang pemain yang sedang unggul posisi nya, dia terlena sehingga menganggap remeh, setelah itu asal langkah saja (tidak fokus), lalu melakukan langkah blunder dan akhirnya permainan pun berubah menjadi keunggulan lawan.

  • Belum berpengalaman, minimnya jam terbang seseorang bisa juga membuat seseorang itu melakukan langkah blunder. Seperti terkena trap yang dibuat oleh lawan atau belum terlalu paham dengan pembukaan (opening) yang sedang dimainkan.

Contoh Langkah Blunder


CARA-CARA MENGHINDARI LANGKAH BLUNDER

  • Manfaatkan Waktu Lawan Untuk Berfikir, setiap pemain catur tentu akan mengkalkulasikan langkahnya sebelum memutuskan untuk melangkahkan buah caturnya. Biasanya waktu kita berfikir itu pada saat giliran kita melangkahkan buah catur nya. Ini tidak salah dan memang wajar saja. Namun alangkah baiknya ketika giliran lawan melangkahkan buah catur nya dan posisi jam catur sedang "bergerak", maka pada saat itu juga kita berfikir untuk kalkulasi langkah selanjutnya. Sehingga kita tidak terlalu membuang waktu fikir kita ketika lawan sudah melangkah, karena kita sudah kalkulasi langkah lawan tersebut sebelum dia melangkahkan buahnya.

  • Tidak pernah menganggap remeh lawan pada saat kondisi apapun dan pada siapapun. Hal ini juga akan membuat kita berhati-hati dan tetap fokus, sehingga akan menghindari langkah blunder.

  • Lebih banyak Evaluasi game anda, dengan banyaknya mengevaluasi partai-partai catur sebelumnya dan terus belajar dari kesalahan ini akan menambah pengalaman anda selain lebih banyak belajar. Dan terus tingkatkan kemampuan anda dengan cara berlatih dengan guru catur yang kompeten dibidangnya.

Langkah Blunder merupakan langkah yang salah besar dan sangat dihindari oleh setiap Insan Catur, jangan sesali ketika melakukan langkah blunder, cukup di Evaluasi dan jangan diulangi kesalahan nya.

Semoga Bermanfaat..

GENS UNA SUMUS
Share:

0 komentar:

Post a Comment

msatibi94.blogspot.com

Powered by Blogger.

Cari