Kumpulan Informasi dan Berbagi Pengalaman Tentang Olahraga Catur dan Hobi Lainnya

Saturday 14 March 2020

Aturan Unik Turnamen Catur "Zero Start"

Turnamen Catur memiliki beberapa aturan main agar kegiatan dapat berlangsung dengan lancar. Salah satu aturan yang saya ingin bahas di artikel ini yaitu aturan Zero Start.

Zero Start merupakan aturan dimana semua pemain diharuskan ada di tempat pertandingan pada saat wasit mengumumkan pertandingan dimulai. Dengan kata lain, jika pemain tidak ada ditempat duduk yang sudah ditentukan sementara wasit sudah mengumumkan pertandingan dimulai, maka pemain tersebut dinyatakan kalah WO.

Kalah oleh peraturan zero start ialah salah satu kekalahan yang sangat menyakitkan, karena pemain belum sama sekali mencoba mengeluarkan kemampuannya di dalam arena papan catur. Meskipun sudah dari jauh-jauh hari aturan zero start ini disosialisasikan kepada seluruh pemain. Namun kenyataannya masih ada saja pemain yang terkena aturan ini. Mungkin karena belum terbiasa dan sebaiknya para pemain harus membiasakan diri.

Sejarah Pertama Kali Zero Start digunakan di KEJURNAS Catur Indonesia.

Pada awalnya aturan zero start ini akan diterapkan secara resmi di Indonesia pada tahun 2009 dalam ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Namun karena tempat pertandingan dengan tempat penginapan atlet yang jarak nya cukup jauh dan berpencar-pencar serta alasan teknis lainnya, Sehingga dikhawatirkan dengan diterapkan nya aturan zero start ini akan berdampak dengan banyak nya pemain yang terkena W.O.

Panitia Kejurnas Catur di Palangkaraya, Kalimantan Tengah akhirnya mengubah aturan seperti biasa yaitu membatasi waktu W.O. selama 30 Menit sebagai waktu tunggu pemain yang terlambat datang ke tempat pertandingan. Jarang sekali pemain kalah W.O. dengan waktu tunggu selama 30 menit tersebut, kecuali pemain tersebut memang tidak ada atau tidak datang.


Ilustrasi Zero Start 😁


Pada Tahun 2010 KEJURNAS Catur di Bandung, Jawa Barat menerapkan aturan Zero Start ini dan ini pun menurut saya menjadi sejarah pertama kali KEJURNAS Catur menggunakan aturan Zero Start. Kejuaraan Nasional Catur ini diadakan di salah satu Mall di Kota Bandung. Meskipun tempat penginapan para atlet ada juga yang berpencar-pencar, tetapi pada saat itu panitia sudah mengingatkan kepada para peserta dan official team agar datang 30 menit sebelumnya dan sebaiknya menginap di tempat penginapan yang terdekat.

Setelah aturan diterapkan untuk KEJURNAS Catur ini, hasilnya masih ada saja "korban" dari aturan zero start. Tetapi seiring berjalan nya pertandingan, pemain sudah terbiasa dengan aturan zero start ini.

Zero Start memang aturan yang secara tidak langsung bisa membuat para pemain menjadi disiplin dalam hal waktu. Meskipun terkadang membuat para pemain agak sedikit "jantungan" ketika sedang dalam perjalanan ke tempat turnamen atau membuat para pemain menahan kencing ketika sudah duduk ditempat yang sudah ditentukan sampai wasit mengumumkan pertandingan untuk dimulai.

Jadi untuk para insan catur yang belum mengetahui aturan zero start ini, persiapkan diri kamu untuk lebih disiplin lagi ketika sedang mengikuti turnamen catur yang menggunakan aturan Zero Start.

Ok, cukup sekian saja saya membahas sedikit informasi mengenai aturan turnamen catur ini. Semoga bermanfaat.

Dan bagi para insan catur yang ingin cari hiburan lain tanpa harus meninggalkan tempat latihan, bisa juga nih liat-liat artikel tentang hobi lainnya seperti mempelajari perawatan ikan guppy. 😁


GENS UNA SUMUS
Share:

0 komentar:

Post a Comment

msatibi94.blogspot.com

Powered by Blogger.

Cari