Kumpulan Informasi dan Berbagi Pengalaman Tentang Olahraga Catur dan Hobi Lainnya

Tuesday 1 November 2016

Yunior Mandiri Chess Club


Selamat datang kawan-kawan,.. kali ini saya ingin membahas mengenai klub catur yang ada di Bogor, klub catur ini bernama Yunior Mandiri Chess Club. sesuai dengan namanya, klub ini bertujuan untuk mengembangkan bakat-bakat para atlet yunior. usia yunior dalam olahraga catur yaitu kurang dari 20 tahun dan apabila usia sudah memasuki 21 tahun atau bahkan lebih maka bisa dikatakan sudah memasuki usia senior. jadi bagi adik-adik yang berusia kurang dari 20 tahun dan hobi catur, maka silahkan bergabung bersama kami untuk menyalurkan hobi dan bakat kalian di Yunior Mandiri Chess Club. tetapi kami juga tidak membatasi bagi anda yang berusia lebih dari 20 tahun atau sudah memasuki usia senior untuk ikut latihan bersama kami di YMCC (Yunior Mandiri Chess Club). berikut saya akan sampaikan penjelasan mengenai klub ini :







Pendahuluan
Berawal dari semangat kebersamaan dalam mengarahkan generasi muda yang kearah positif khususnya dalam olahraga catur, kami komunitas pecinta catur dan orang tua yunior merasa tergerak untuk dapat melakukan pembinaan secara intensif pada atlit-atlit yunior agar dapat mengembangkan bakat kreasi dan tentunya diharapkan dapat berprestasi di tingkat Nasional maupun Internasional. Maka salah satu upaya kami adalah menyediakan wadah/sarana dalam bentuk klub catur Yunior Mandiri yang didalamnya banyak sekali program kegiatan-kegiatan yang kami kemas, salah satu nya program dengan nama BLP (Belajar Langsung Praktek) yaitu program kompetisi catur yang pesertanya diwajibkan menggunakan Opening wajib, agar dapat menambah wawasan dan pemahaman tentang teori catur.
Pembinaan tanpa kompetisi yang teratur dan berkesinambungan mustahil akan melahirkan atlit catur handal yang dapat berprestasi tinggi di pentas dunia. Untuk mencapai prestasi tinggi atlit catur membutuhkan frekuensi bertanding yang cukup banyak, baik di tingkat Nasional maupun Internasional, salah satu alternatif untuk menjamin kompetisi yang teratur dan berkesinambungan diperlukan suatu wadah pembinaan dalam bentuk Liga.
Liga Catur Yunior ini diharapkan mampu meningkatkan prestasi atlit-atlit catur dan menjaring bibit-bibit baru pecatur yunior. Untuk permulaan klub catur yumior mandiri ini mempertandingkan catur dengan program liga perorangan dengan sistem promosi dan degradasi dimana persertanya dipacu untuk dapat berkompetisi.
Liga catur yunior mandiri dibagi menjadi dua kelompok yaitu seri A dan seri B yang pesertanya diatur berdasarkan hasil peringkat pada setiap putaran dalam liga tersebut.
Tujuan

  1. Membantu PERCASI dalam upaya pengembangan dan pembinaan sehingga dapat meningkatkan prestasi atlit catur.
  2. Memberikan kesempatan pada atlit yunior untuk berkompetisi secara teratur dan berkesinambungan.
  3. Memberikan wawasan tentang peraturan catur dan teori bermain catur kepada atlit-atlit yunior.
  4. Kelak jika memperoleh tanggapan positif dari masyarakat pecinta catur, klub catur yunior mandiri ini dapat diperluas kebidang pendidikan khusus catur (Sekolah Catur) agar dapat memajukan dan memasyarakatkan olahraga catur.
  5. Mempererat tali silaturahmi dalam bentuk komunitas pecinta catur.
Keanggotaan
Anggota klub Catur Yunior Mandiri di khususkan untuk Yunior kelas Pratama, Madya, dan Lanjutan.
Umum tanpa ada batasan domisili, tetapi harus mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh klub.

Persyaratan Keanggotaan
1)      Setiap pemain yang ingin menjadi anggota klub catur yunior mandiri diwajibkan membayar iuran keanggotaan sebesar Rp.150.000,00 (seratus lima puluh ribu rupiah) per bulan, serta uang pendaftaran Liga Catur Yunior yang dilaksanakan 3 kali dalam sebulan sebesar Rp.10.000,00 (sepuluh ribu rupiah).
2)    Pemain yang bisa mengikuti liga catur yunior mandiri adalah anggota yang terdaftar pada klub catur yunior mandiri.
3)  Setiap pemain yang mengikuti kompetisi liga catur yunior diharuskan membayar seluruh kewajiban walaupun pemain tersebut berhalangan dalam kompetisi putaran mingguan.
4)    Setiap pemain boleh absen mengikuti kompetisi putaran bulanan maksimal satu kali dalam satu putaran kompetisi bulanan.
5)      Bagi yang absen lebih dari 1 kali maka pemain tersebut tidak bisa mengikuti Grand Final Liga Catur Yunior.
6)    Seandainya pemain tersebut absen pada kompetisi lebih dari 1 kali dan juga tidak membayar iuran liga bulanan yang tidak diikutinya, maka pemain tersebut tidak menjadi anggota lagi.
7)      Semua peraturan pertandingan diterapkan oleh admin klub catur yunior mandiri
8)  Anggota klub catur yunior mandiri dan admin bersama-sama bertanggung jawab dalam memajukan untuk keberhasilan program klub catur yunior mandiri
Program Kegiatan
1)      Klub catur yunior mandiri mengadakan kompetisi liga catur yunior yang dilaksanakan sebanyak tiga kali setiap bulannya. Setiap putaran berlangsung seminggu sekali dan diselenggarakan setiap hari minggu.
2)      Evaluasi bedah opening
3)     Turnamen yunior perorangan dengan menggunakan opening bebas yang diadakan setiap minggu terakhir menggunakan sistem swiss 5 babak G30.
4)      Grand Final Liga diambil berdasarkan peringkat 8 besar akumulatif poin dari setiap putaran liga.
Jadwal Liga
Tempat          : Bukit Asri Ciomas Indah Blok C20 RT001    RW013
  Waktu            : Hari Minggu, pukul 09:00 WIB.

Peserta
Peserta yang boleh mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh klub catur yunior mandiri adalah anggota yang terdaftar

Persyaratan Peserta
1)     Peserta yang ingin menjadi anggota klub Catur Yunior Mandiri Mengisi Formulir dan melengkapi persyaratan.
2)  Pengurus klub Catur Yunior Mandiri dengan berbagai pertimbangan dapat menerima atau menolak calon perserta yang bersangkutan.
3)    Bersedia mematuhi segala ketentuan dan peraturan klub untuk kepentingan seta kemajuan klub catur yunior mandiri.

Sekian informasi dari saya mengenai klub catur Yunior Mandiri Chess Club. bagi anda yang berminat untuk mengembangkan bakat anda dibidang olahraga catur. jangan ragu dan jangan bimbang,, segera daftarkan diri anda kepada admin YMCC.

GENS UNA SUMUS
Share:

0 komentar:

Post a Comment

msatibi94.blogspot.com

Powered by Blogger.

Cari